Artikel Kesehatan

Kesehatan Dalam Kehidupan

Senin, Oktober 04, 2010

Pertanyaan Seputar Kehamilan

expr:id='"post-" + data:post.id'>


Pertanyaan Seputar Kehamilan


saya ingin bertanya seputar hamil muda (trimester pertama) usia kandungan
saya 11 minggu. berhubung ini kehamilan pertama saya. dan saya banyak
mendengar mitos2 atau nasihat dari orang2. Adapun pertanyaan saya:

1) apa kah boleh menghirup/ mengosokan minyak kayu putih/ minyak angin?
karena saya sering mual2/ eneq ketika mencium aroma tertentu atau setiap
kali hendak makan.
 
Aroma minyak kayu putih atau minyak angin sepertinya tidak terlalu
berpengaruh pada janin. Bahayanya, seperti yg sering saya alami, kalo
kebanyakan mengoleskan minyak kayu putih, kulit bisa iritasi.
 
2) saya mengkonsumsi susu hamil emesis khusus untuk mengatasi mual dan
muntah tp, tidak berpengaruh pada saya. karena setiap saya minum susu
tersebut saya jadi merasa mual. apakah boleh susu tersebut diganti dengan
susu biasa misalnya : D*NC*W. apakah hal itu berpengaruh pada kehamilan
saya?
 
Susu khusus kehamilan tidak diwajibkan koq Mom. Yang mewajibkan kan 
iklan2...^_^
Konsumsi susu bisa diganti dengan susu lainnya. Dan kandungan
vitamin-mineral di susu hamil, bisa dipeorleh dari asupan
makanan-minuman yang sehat. Lebih baik langsung dari sumbernya
daripada vitamin-mineral olahan pabrik kan?...^_^

3)apakah ada vit untuk mencegah mual/ eneq karena sedikit sekali makanan
yang bisa saya makan dibanding keadaan saya sebelum hamil. dan saya khawatir
nutrisi yang saya konsumsi tidak cukup.

Utk mengatasi mual/eneq, bisa diakali dg sering makan meski hanya
sedikit. Atau perbanyak makan buah yang saat dikonsumsi, sifatnya
menjadi alkali. Seperti jeruk-nenas matang-apel dan pisang.
Normalnya, waktu makan kan pagi-siang-sore/malam.
Nah, biar mual/eneq agak berkurang, makan setiap 2-3 jam sekali. Tidak    
harus langsung sepiring atau dg menu komplit. yang penting dijaga
variasi jenis makanannya.

4)apakah saya boleh makan asinan, mengingat kuah asinan tersebut mengandung
cuka dan cabe yang cukup pedas. hal ini saya lakukan biasanya untuk
mengatasi rasa mual saya. apakah ada efek samping baik baik janin saya atau
bagi lambung saya?

Yang penting, jangan setiap kali makan, makan asinan terus ya Mom.
Kalo cuma seminggu 3 kali, tentunya tidak terlalu berlebihan.
Segala sesuatu yang berlebihan kan kurang bagus juga.
 
 5)saya diberi asam folat 5mg dan obimin AF oleh dokter saya, yg saya ingin
tanyakan apa penyebab feses saya menjadi berwarna kehitaman. apa yang
terjadi pada sistem pencernaan saya?

Coba dilihat lagi di kotak susu hamilnya. Feses hitam sebagian besar
disebabkan kandungan zat besi yang banyak yg ada didalam susu. Saking
banyaknya, kadang jadi tidak terserap sempurna oleh tubuh dan
dibuanglah melalui feses.
Kembali ke point no 1, mending langsung mendapatkan asupan zat besi
dari sumbernya. Macam sayur2an berwana hijau atau buah2an.
 
Semoga sharing ini membantu menguatkan mom utk melewati masa trimester I...
Yuk-smangat-yuk...^_^
.::Artikel Menarik Lainnya::.

[+/-] Selengkapnya...

Comments :

0 komentar to “Pertanyaan Seputar Kehamilan”


Posting Komentar