Artikel Kesehatan

Kesehatan Dalam Kehidupan

Rabu, September 22, 2010

Ciri-ciri Kurang Gizi anak

expr:id='"post-" + data:post.id'>

Ciri-ciri Kurang Gizi anak


GIZI buruk adalah kondisi tubuh yang tampak sangat kurus karena makanan yang dimakan setiap hari tidak dapat memenuhi zat gizi yang dibutuhkan, terutama kalori dan protein.


Tanda awal gizi buruk: berat badan anak, letak titiknya dalam KMS, jauh berada di bawah garis merah (BGM). Minta nasihat kepada kader atau petugas kesehatan bila berat badan anak lebih dari 3 bulan turun terus (tidak naik).

Gejala klinis busung lapar antara lain warna rambut penderita jadi kemerahan, tubuh kurus kering, dan tulang nyaris terbalut kulit (marasmus). Jika gejala klinis tidak tertangani dengan baik, perut penderita makin buncit dan kaki membengkak (kwashiorkor).

Tanda-tanda anak marasmus (kurang kalori)

(1) Anak tampak sangat kurus, tinggal tulang terbungkus kulit, dan pantat keriput. (2) Wajah seperti orang tua (monkey face). (3) Kulit keriput, kering, dan kusam. (4) Rambut tipis, kemerahan, dan mudah dicabut. (5) Anak cengeng dan rewel.

Tanda-tanda anak kwashiorkor (kurang protein)

(1) Bengkak (oedema) hampir di seluruh tubuh, terutama punggung dan kaki. (2) Muka bulat dan sembap (moon face). (3) Mata kuyu dan sayu. (4) Rambut tipis, jarang, dan mudah dicabut. (5) Terdapat bercak merah-hitam pada kulit, kadang terkelupas. (6) Cengeng, rewel, dan ”apatis”.

Penanggulangan

(1) Ibu memberikan aneka ragam makanan dalam porsi kecil dan sering kepada anak sesuai kebutuhan dan petunjuk cara pemberian makanan dari rumah sakit/dokter/puskesmas.
(2) Bila balita dirawat, perhatikan makanan yang diberikan. Lalu, teruskan di rumah.
(3) Berikan hanya ASI, bila bayi berumur kurang dari 4 bulan.
(4) Usahakan disapih setelah berumur 2 tahun
(5) Berikan makanan pendamping ASI (bubur, buah-buahan, biskuit, dsb.) bagi bayi di atas 4 bulan dan berikan bertahap sesuai umur.

Untuk pencegahan
(1) Timbang balita tiap bulan ke posyandu
(2) Lapor ke petugas kesehatan tentang perkembangan kesehatan anak maupun berat badan anak.
.::Artikel Menarik Lainnya::.

[+/-] Selengkapnya...

Comments :

0 komentar to “Ciri-ciri Kurang Gizi anak”


Posting Komentar