Artikel Kesehatan

Kesehatan Dalam Kehidupan

Rabu, September 22, 2010

Cara Cegah Amputasi untuk Penderita Diabetes !

expr:id='"post-" + data:post.id'>

Cara Cegah Amputasi untuk Penderita Diabetes !

Borok yang gagal diobati, pada gilirannya mengakibatkan infeksi serius.

PADA penderita diabetes (diabetasi), masalah trifecta berakibat pada amputasi, yakni mati rasa pada kaki. Akibatnya, kerusakan saraf ini membuatnya kurang menyadari luka dan borok kaki. Borok yang gagal diobati, pada gilirannya mengakibatkan infeksi serius.

"Biasanya, orang dengan luka di bagian bawah kaki mereka, seperti melepuh, akan mengubah cara berjalannya. Gaya berjalan akan berubah untuk melindungi tempat yang melepuh itu hingga sembuh," kata Joseph LeMaster MD, asisten profesor di University of Missouri-Columbia School of Medicine, seperti dikutip Health.

Namun, ia menegaskan, orang yang kehilangan sensasi, tidak bisa melakukannya. Mereka hanya akan berjalan tepat di atas bagian kaki melepuh, seolah-olah masalah ini tidak ada. Makin lama pecah, terinfeksi, dan berubah menjadi apa yang kita sebut borok kaki.

"Borok bisa menembus hingga ke tulang dan menjadi jalan untuk infeksi ke seluruh kaki. Ini yang mengarah pada amputasi," tukasnya.

Luka kaki penyebab paling umum rawat inap

Sekira 15 persen dari semua diabetesi akan mengembangkan borok kaki di beberapa titik, bahkan 24 persen di antaranya perlu amputasi.

"Alasan paling umum seseorang dirawat di rumah sakit akibat diabetes, bukan oleh gula darah tinggi atau serangan jantung atau stroke, tapi untuk sebuah lubang di kaki, sebuah luka," kataDavid G Armstrong DPM, Diabetic Foot Disease Specialist Rosalind Franklin University of Medicine and Science di Chicago Utara.

Periksa kaki setiap hari

Hal paling penting, diabetesi dapat mencegah masalah borok kaki.

"Hal paling penting yang bisa dilakukan diabetesi adalah mencegah masalah dengan melihat kaki mereka setiap hari, sama seperti menyisir rambut atau menyikat gigi," kata Dr Armstrong.

Anda dapat menggunakan cermin untuk memeriksa kaki atau minta bantuan anggota keluarga untuk melakukannya. Peningkatan suhu kaki, yang dapat dideteksi dengan termometer infra merah khusus, dapat merupakan tanda awal masalah.

"Kaki akan terasa panas sebelum kulit rusak," kata Dr Armstrong.

Cara lain untuk mencegah masalah kaki

Berikut adalah tip untuk mencegah masalah kaki dari National Diabetes Education Program:

- Berhenti merokok jika Anda perokok. Merokok dianggap sebagai faktor kemungkinan penyakit kaki diabetesi.

- Jadilah superwaspada dengan peningkatan gula darah. Menurut hasil kajian United Kingdom Prospective Diabetes Study, orang dengan diabetes tipe 2 yang menurunkan gula darah melalui terapi intensif berisiko lebih sedikit untuk pengobatan.

- Pilih sepatu dengan hati-hati.

- Potong kuku kaki dengan hati-hati atau minta orang lain untuk melakukannya jika sudah mati rasa.
.::Artikel Menarik Lainnya::.

[+/-] Selengkapnya...

Comments :

0 komentar to “Cara Cegah Amputasi untuk Penderita Diabetes !”


Posting Komentar