Artikel Kesehatan

Kesehatan Dalam Kehidupan

Sabtu, Desember 11, 2010

Segar Berkhasiat Air Kelapa Muda Bakar

expr:id='"post-" + data:post.id'>
Segar Berkhasiat Air Kelapa Muda Bakar

Segar Berkhasiat Air Kelapa Muda Bakar



Minum es kelapa muda bisa dibilang hal yang biasa. Namun, bagaimana dengan kelapa muda bakar. Apakah Anda pernah mencoba? Kalau belum, maka sebaiknya Anda segera mencicipi. Konon kelapa muda bakar diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan bermacam penyakit dari asam urat, kolesterol, darah tinggi, kencing batu, ginjal hingga menghancurkan lemak. Seperti namanya, kelapa bakar merupakan buah kelapa hijau muda yang dibakar minimal tiga jam sampai air dalam buah kelapa mendidih. kemudian dicampurkan dengan tambahan bahan berupa rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga cengkeh, kedaung, daun pandan, sereh, telur bebek dan madu. Rempah-rempah ini digodok hingga matang hingga mendapatkan sari-sarinya yang berkhasiat.

Kelapa bakar ini dapat dinikmati panas-panas atau didinginkan dengan campuran es batu. Rasanya? Air kelapa muda yang manis berpadu padan dengan aroma rempah-rempah. Rasa hangat begitu terasa dalam tenggrokkan. Tak hanya itu, keringat pun mengalir deras usai menenggak habis kelapa bakar. Daging kelapa mudanya juga punya rasa berbeda walau tidak senikmat daging kelapa muda biasa.

Untuk menikmati sajian kelapa bakar memang tidak ada aturan baku. Minuman kesehatan ini juga tidak mengenal batasan usia untuk mengkonsumsinya. Selama dalam konsumsi batas wajar, kelapa bakar minimal mampu menjaga kebugaran tubuh.

Meski begitu, minuman berkhasiat ini jarang sekali ditemukan di Jakarta. Selain membutuhkan waktu lama untuk menggodoknya, kelapa bakar kalah tenar dengan sajian es kelapa muda. Pak kumis misalnya, merupakan satu-satunya penjaja kelapa bakar di daerah klender, Jakarta Timur.

Resep kelapa bakar itu, sudah dijajakan pak kumis tiga tahun lalu. Semula pak kumis menderita penyakit rematik akut. Lantas dia disarankan kerabat untuk meminum kelapa bakar. Hasilnya rematik akut yang diderita pak Kumis pun sembuh. Dia pun memutuskan untuk menjajakan kelapa bakar hingga sekarang.

"Awalnya saya memang memiliki rematik akut tapi diberitahu saudara untuk mengkonsumsi kelapa bakar. Awalnya tidak percaya, tapi ternyata benar saja. Saya kemudian terpikir kenapa tidak berjualan kelapa bakar saja," tuturnya saat disambangi Republika Online di kedai sederhana miliknya, jalan Basuki Rahmat, Jakarta Timur, awal pekan lalu.

Dalam sehari, Pak Kumis mengaku bisa menjual lebih dari 50 butir kelapa bakar. Konsumennya pun beragam, namun lebih banyak pria dan wanita berumur dengan beragam pula keluhan penyakit. "Pernah ada konsumen yang mengaku tak kunjung hamil lantas menyambangi tempat saya atas saran temannya. Dia bersama suami datang menikmati kelapa bakar. Dua minggu kemudian, dia kembali membeli dan berkata sudah isi," terangnya.

Diakui Pak Kumis, minuman kelapa bakar memang tidak berbeda jauh dengan minuman kesehatan lain yang mengandalkan rempah. Tapi yang menjadi berbeda ketika menggunakan medium air kelapa sebagai sarana. "Air kelapa itukan buatan langsung yang Maha Kuasa. Jadinya mungkin lebih manjur ketimbang air putih biasa," kilahnya.

Untuk menikmati satu kelapa bakar penuh khasiat, anda tak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak uang. Anda cukup megeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah. Anda tertarik?

sumber:Replubika
.::Artikel Menarik Lainnya::.

[+/-] Selengkapnya...

Comments :

0 komentar to “Segar Berkhasiat Air Kelapa Muda Bakar”


Posting Komentar